Minggu, 01 Juni 2008

how music affect our lifestyle

Perkembangan musik sekarang ini tidak hanya bisa didengarkan tp jug bisa dijadikan inspirasi,lifestyle,dll.gw pengen mencoba ngebahas apa sih yg terjadi sekarang ini dgn berkembangnya musik di pergaulan dan kehidupan kita.krn gw melihat bgt sekarang ini musik dijadikan status sosial(gaul/ga gaul).Music di pergaulan kita sekarang ini diajdikan pemisah utk kita.gw pengen mencoba ngebahas kenyataan yg ada di khdpn kita ttg musik.

Musik jazz pop rock adalah contoh musik yg ada dan eksis dlm khdpn kita,namun seiring waktu mulai muncul istilah jenis musik baru mscam indie , emo ,electronic dll. Berbagai orang pun mempunyai kesenangan / menjadikan salah satu jenis musik tersebut menajdi favoritnya. Jenis yg ada diatas dianggap sebagai cabang perkembangan dr jenis musik yg ada(indie-pop ,emo,metal-rock dll).

Dan dr berbagai jenis musik itu lahir band band yg menjadi favorit mereka.sebut saja snow patrol ,death cab for cuite yg menjadi jagoan para indiers .di emo

bias disebut avnged sevenfold,funeral for a friend mjd anthem bg kaum emo.dan rub n tug daft punk mjd musik utk berdansa.Dan krn mendengarkan lagu lagu idola mereka masing masing tdk sedikit anak muda mjd terinspirasi untuk berkarya utk bisa bermusik seperti idolanya masing masing.dan ada juga anak muda yg mjd fans musik yg sedang berkembang itu dan suka membahas dgn teman temannya krn kagum dgn idolanya masing masing.dan secara tak langsung kegemaran thdp musik itu dijadikan lifestyle oleh mereka.the way they dress,the way they appear,the way they talk the way they act.Tp secara berlebihan krn mereka ingin benar benar menunjukan ini loh yang gw suka..Missal saja,indie fans wear that big glasses ,and have to look like a geek.,emo boys black shirt, eye shadow ,no smiley faces ,party boys colorful(very colorful) dress act very loud ,act like “gesrek”. Dan tanpa disadari dr hal hal kecil itu kehidupan mereka pun jg berubah melakukan kegiatan band secara berlebihan, party all the time ,drugs using scr berlebhian .krn ingin dianggap wah lo anak band bgt , wah gesrek bgt si dll. Sehingga rasa gairah akan bermusik dan berkarya dan mendengarkan betapa indahnya musik yg mereka dengarkan seakan hilang begitu saja demi mengejar sebuah image buat “gw tuh .. bgt(go ahead fill the blank)”.

Dan sekarang pun tidak sedikit orang membentuk sebuah grup band/memainkan turntable hanya krn ingin kelihatan di pergaulan Jakarta to prove “eh gw juga bisa nih kaya mereka” tanpa memikirkan karya mereka.Lagu ada nada lyric sesdanya hajar lgsg nge take kita,buru buru pgn nunjkin gw bias main di grup band.Kalo menuru lo matta kangen band merusak musik industri Indonesia, check those guy.

Bukan cara hidup mereka yg dibilang berubah bahkan musik yg mereka dengarkan pun berubah krn takut dgn adanya kata pasaran utk yg 1 kaum yg kaum lain akan bilang kalo musik yg gw dengerin keren yg lo dengerin nggak!.dan gw bakal nyari musik yg lain ah yg ini udh pasaran(padahal musik yg mereka dengarkan itu tdk jelek dan hanya takut dibilang sam doank).

Dgn berbagai macam musik yg berkembang pun sikap saling menghargai pun jd ada gap yg sgt besar kalo anak emo clubbingan dibilang norak ,kalo party boy ikt ke acara emo diliatinnya sinis bgt.did they forget musik is one or the biggest power to unite people all over the world?musik dciptain emang buat dinikmati bkn utk menjadi bahan pemisah khdpn.

Dan adapun beberapa org yg menganggap dirinya paling tau ttg musik kegemaran mereka hanya supaya dibilang “keren wah jarang ni org”.contoh aja”eh lo suka … gak?”, “yealah basi bgt gt,pasaran,ga suka gw” .Apa pasaran dan sblmnya lo udh pernah dengerin musik itu membuat sebuah band tiba tiba jd jelek padahal lagu yg lo dengerin sama?.cepet lambat ap yg lo dengerin bakal di dengerin orang lain juga.gk mungkin artis yg lo tau cmn bakal diketahui lo dan beberapa temen lo.Dimana salahnya orang lain kebetulan suka sama musik yg lo dengerin ?mereka juga ada hak buat dengerin lagu yg mereka suka,toh ga ada aturan tertulis dan sah “band gw ga mau pasaran jd jgn bilang bilang ya gw punya band ini “dr artisnya sendiri.

Then concert.Kalo ada yg ksini mereka berusaha utk mengenalkan dan mengihibur kita melalui musik mereka.Bkn utk memprlihatkan fans mereka keren keren.Lot of case lik this”eh lo dtg ke .. ga?” “iyalah gila lo masa ga dating keren gt!!” “lagunya apa sih yg keren?” ”mmm eeehhh itu tuh yg itu masa gatau si?”.capek bgt denegrin hal ky gini,kalo gatau tinggal blg aja gw gatau cmn pengen liat aja abis mereka kynya namnay sering kedenger.kalo ga sblm ksini cari tau dulu lgnya kaya apa br pas disini ikt iktan sing a long dgn br memngahafal lgnya beberapa waktu sblmnya.

Sorry kalo post ini mirip blog yg dibuat seseorg sbmnya.jujur aja krn dia salah satu inspirasi gw utk berani ngeluarin apa yg ada di kepala gw(thx btw).Dan topic ini emang gw pengen bahas bgt krn hal ini membuat gw aga kurang nyaman.Gw pun jg ga ada maksud utk mengcopy cara dia menulis.tp itu terserah&blk ke lo semua lg.thx-baya-.

1 komentar:

the goonjengs mengatakan...

ok,first off all gw jadi ngerti setelah baca blog lo. Jadi gini bay,sebenernya fenomena kaya gini nih emang udah lama ada di dunia musiik. Sebut aja di musik lokal kita, jaman-jamannya the upstairs, kayanya gara2 booming band ini,semua orang pake celana ala power rangers yang menandakan bahwa mereka big fans the upstairs. Bagaimana kita menyikapi masalah kaya gini?? Kalo menurut gw, semua orang bebas mengekspresikan attitude menurut musik yang mereka suka tapi dengan syarat lewat hal-hal yang positif nya aja, malah menurut gw itu bagus, karena jadinya ngebuat keanekaragaman. tapi yang paling ganggu tuh emang yang cuma pengen keren-kerenan aja karena musik itu lagi booming, nah ini dia yang bikin kita ga bisa bersatu lewat musik, semuanya berasa dikotak-kotakin, ada anak emo, indie, electro pop, atau apalah.
yang pasti sih emang harus balik lagi ke orang itu masing-masing, Mereka tuh harusnya sadar, musik bukan sarana untuk bersaing satu sama lain. Musik is for united.
ya,mari kita ambil sisi positif nya aja deh, mungkin orang yg tadinya sinis sama suatu aliran musik tertentu bisa berubah pandangan nya terhadap musik tersebut.
always look at the bright side of life !!!!!